Manajemen Pemasaran Global (PT.Indofood)
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Strategi pemasaran merupakan rencana yang
menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktifitas atau
program pemasaran terhadap produk di pasar. Program pemasaran meliputi
tindakan-tindakan pemasaran yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap produk,
diantaranya mengubah harga, memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi
khusus, menentukan saluran distribusi dan sebagainya. Perusahaan dapat
menggunakan dua atau lebih program pemasaran secara bersamaan, sebab tiap
jeniprogram (periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan
pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda beda
terhadap permintaan. Oleh sebab itu dibutuhkan mekanisme yang dapat
mengoordinasikan program-program pemasaran agar konsisten, sejalan, dan
terintegrasi secara tepat.
Untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan maka
perusahaan dapat menggunakan strategi pemasaran sebagai salah satu cara untuk
mengoptimalkan program-program pemasaran perusahaan supaya dapat memberikan
“value added” bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya
diperlukan program pemasaran yang konsisten dan di dasarkan pada strategi
marketing. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pemasaran didalam suatu
perusahaan sangat penting dan dibutuhkan untuk produktivitas perusahaan.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas , penulis merumuskan rumusan masalah sebagai
berikut :
1. Apa
visi dan misi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. ?
2.
Bagaimana Struktur Organisasi di
dalam PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. ?
3.
Bagaimana Strategi Pemasaran PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. ?
1.3
TUJUAN
Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu :
1.
Menjelaskan visi dan misi dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
2.
Menjelaskan struktur organisasi yang ada dalam PT. Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk.
3.
Meenjelaskan Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Sejarah PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Merupakan salah
satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang
menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.
PT. Indofood CBPS Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung
didirikan pada bulan mei 1992 dengan nama PT. Karya Pangan Inti Sejati yang
merupakan cabang dari PT. Sanmaru Food Manufacturing Company Ltd. Yang perpusat
di Jakarta dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada tahun 1994,
terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood
Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan.
Standarisasi yang berlaku di semua pabrik tersebut
telah disertifikasi ole SGS melalui sertifikat International Standard Operation
(ISO) termasuk PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Selain itu PT. Indofood CBP
Suskses Makmur Tbk. juga memiliki
sertifikat Hazard Analysis Critical Conrol Point (HACCP) dan sertifikat halal
yangberlaku untuk emua produk internasional. Pada 21 Maret 1998, PT. Indofood
CBP Sukses Makmur Tbk. memperoleh sertifikat manajemen mutu ISO versi 9001 yang
diserahkan di Jakarta pada 3 Maret 1999. Kemudian pada 5 Februari 2004 PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
diperoleh sertifikat ISO 9001:2000 (ISO 9001 versi 2000) dari badan akreditasi
SGS International of Indonesia. Hal ini ditunjukan melalui slogan yang terdapat
pada logo Indofood “The Symbol of Quality Foods” atay “Lambang Makanan Bermutu”
yang mengandung konsekuensi hanya produk bermutulah yang dihasilkan. Produk
bermutu tida hanya dibuat dari bahab baku pilihan, tetapi di proses secara
higienis dan memenuhi unsur kandungan gizi dan halal.
2.2 Visi dan
Misi PT. Indofood CPB Sukses Makmur Tbk.
Visi dan misi yan di tunjukan oleh PT. Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan
penggambaran citra, nilai, arah, dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi : “Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi
kebutuhan pangan dengan produk bermutu,
berkualitas, aman untuk di konsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi : “Menjadi perusahaan transnasional yang dapat
membawa nama indonesia di bidang industri makanan”.
2.3 Tujuan
didirikannya PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung
Ø Memperluas
bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis.
Ø Mengurangi
biaya transportasi
Ø Selalu
meningkatkan kesejahteraan karyawan
Ø Mensuplai
daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang
Ø Berperan
serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan
masyarakat
Kultur perusahaan ini dikenal dengan nama
“CONSISTENT” (Consumer, Innovation, Staff, Excellence, and Team Work). Sumber
kekuatan dalam menghadapi tantangan ini bisa dilihat darisisi konsumen,
inovasi, karyawan, keunggulan, produk, dan kerjasama tim. Maksud dari akronim
“CONSISTENT” adalah keberhasilan perusahaan tergantung pada kepuasan pelanggan,
inovasi merupakan kunci pertumbuhan di masa depan, staff yang handal merupakan
aset terbesar perusahaan, kesempurnaan adalah pandangan hidup perusahaan, dan
kerjasama tim mnjadikan perusahaan sebagai pemenang.
2.4 Struktur
Organisasi PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung
Kedudukan tertinggi di PT. Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. adalah seorang Manajer Umun (General Manager) dan dalam melakukan
tugasnya dibantu oleh Sekretaris Manajer.
Manajer Umum ini membawahi :
ü Manajer
Pabrik (Fatory Manager)
ü BPDQC
(Broanch Process Development and Quality Control)
ü Manajer
Keuangan (Finance and Accounting Manager)
ü Manajer
Pemasaran ( Area Sales and Promotion Manager)
ü Manajer
Personalia ( Branch Personal Manager)
ü Puchasing
Officer
Manajer Pabrik membawahi :
ü Supervisor
Produksi (Production Supervisor)
ü Manajer
Teknik (Technical Manager)
ü Manajemen
Gudang (Warehouse Manager)
ü Supervisor
PPIC (Production Planning and Inventory Control)
ü Manajer
Pengembangan dan Pengawasan Mutu Produk (Broanch Process
Development and Quality Control) membawahi :
Ø Supervisor
Pengawasan Mutu Proses (Quality Control Process Supervisor)
Ø Supervisor
Pengawasan Mutu Bahan Baku/Produk Jadi (Quatlty
Raw Material/Finished Gd Supervisor)
Ø Manajer
Personalia (Branch Personnel Manager) membawahi :
Ø Supervisor
Hubungan Industri (Industrial Relation Supervisor)
Ø Supervisor
Administrasi dan Gaji (Administration and Wages Supervisor)
Ø Supervisor
Jasa dan Layanan Umum (General Affair and Service Supervisor)
Ø Supervisor
Keamanan (Security Supervisor)
Ø Supervisor
Hubungan Publik (Public Relations Supervisor)
Ø Manajer
Pemasaran (Area Sales Promotion Manager) terbagi kedalam 2 wilayah yang
membawahi ASPS (Area Sales Promotion)
2.5 Strategi
Pemasaran
PT. Indofoof CBP Sukses Makmur Tbk. Memiliki
orientasi pasar, dimana produksi yang
dilakukan oleh perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan
selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun
kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna
memenuhi kepuasan pelanggan, khususnya selera konsumen.
Srategi pemasaran dipengaruhi oleh faktor-faktor
sebagai berikut:
1.
Faktor mikro, yaotu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.
Faktor makro, yaitu demografi atau ekonomi, politik atau hukum,
teknologi atau fisik dan sosial atau budaya.
Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
pemasaran :
1. Sudut
pandang penjual
-
Tempat yang strategis (place)
-
Produk yang bermutu (product)
-
Harga yang kompetitif (price)
-
Promosi yang gencar (promotion)
2. Sudut
pandang konsumen
-
Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer need and want’s)
-
Biaya konsumen (cost to the customer)
-
Kenyamanan (convenience)
-
Komunikasi (communication)
Karakterisik perusahaan dalam melakukan kegiatan
produksi yang dimiliki PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Yakni bersifat mass
production, yaitu jenis barang yang diproduksi relatif sedikit tetapi dengan
volume produksi yang besar, permintaan produk tetap/stabil, demikian juga
desain produk jarang sekali berubah bentuk dalam jangka waktu pendek atau
menengah.
Disamping produksi PT. Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk. Pun turut memperhatikan pemasaran
produk sehingga memungkinkan perusahaan untuk semakin berkembang. Berbagai cara
kegiatan promosi dilakukan, seperti advertising (periklanan) baik itu di media
cetak maupun media elektronik dan papan-papan reklame. Sedangkan kegiatan sales
promotion meliputi pembagian hadia baik secara langsung maupun tidak langsung
melalui undian-undian berhadiah.
Produk Indofood banyak di promosikan melalui :
-
Media elektronik dan cetak yang menarik
-
Papan billboard di jalan-jalan besar
-
Mangadakan ajang lomba membuat jingle untuk Indomie
Salah satu produk PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
yang melakukan promosi besar-besaran dan berhasil terkenal luas hingga
mancanegara adalah Indomie. Rasanya yang enak merupakan salah satu daya tarik
utama mengapa produk ini dapat dikenal luas. Indomie memiliki tad line yang
sangat sederhana namun sangat pas dan ringan untuk didengar dan diingat oleh
masyarakat yaitu, “Indomie Seleraku” sedangkan nama atau merk indomie menjad
salah satu keberhasilan dari memilih nama produk sehingga produk tersebut
banyak dikenal khususnya oleh masyarakat Indonesia. Nama yang singkat,
sederhana namun unik, mudah diingat, menjadi beberapa faktor dari keberhasilan
tersebut. Masyarakat Indonesia sendiri beranggapan bahwa nama atau merk Indomie
berasal dari kepanjangan Indonesia Me sehingga menimbulkan asumsi bahwa indomie
membawa jati diri bangsa.
Salah satu promosi Indommie yang cukup unik adalah
dengan mengajak konsumen untuk bercerita seputar pengalamannya bersama Indomie. Cara ini juga tergolong
cukup sukses dilihat dari antusiasme masyarakat dalam mengirim cerita-ceritanya
tersebut dan dimuat dalam media elektronik yaitu iklan televisi.
Mengapa Indomie dapat terkenal hingga mancanegara?
Indomie secara tidak langsung terpromosikan karena sering menjadi salah satu
bantuan makanan untuk korban bencana alam baik didalam negeri maupun diluar
negeri. Banyak warga Negara Indonesia di negara lain yang sering membawa prodik
Indomie ke negara mereka tinggal sebagai salah satu makanan instant favorit.
Indomie kini bukan hanya dapat dijumpai di Indonesia, tetapi juga di Amerika
Serikat, Australia, berbagai negara di Asia Afrika bahkan di Eropa.
Pemasaran mi instan di PT. Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. Bandung dibagi kedalam dua wilayah pemasaran. Wilayah pemasaran I
meliputi Bandung, Purwakarta, dan Sukabumi. Sedangkan untuk wilayah pemasaran
II meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, dan Jatibarang.
Akhir tahun 1980, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.mulai
bergerak di pasar Internasionaldengan mengekspor mi instan ke beberapa negara
ASEAN, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan, China, Belanda, Inggris, Jerman,
Australia, dan negara-negara di Afrika.
Divisi mi instan merupakan divisi terbesar di
Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota, diantaranya Medan, Pekanbaru,
Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak, Manado, Semarang, Surabaya,
Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan cabang
tanpa pabrik yaitu Solo, Bali, dan Kendari. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan cukup
didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga produk
dapat diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta membantu program
pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal
yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh
konsumen harus menjadi focus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu
perusahaan. Pemasaran yang
berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai
departemen (tidak hanya dibagian pemasaran saja), sehingga dapat
menciptakansinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
3.2 Saran
1. PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. khususnya produk indomie, harus dapat
mempertahankan ciri khas produknya.
2. PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi
mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen yang heterogen mengingat keinginan
konsumen yang berubah-ubah sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan
keinginan dari konsumen. Itu dilakukan agar kegiatan produksi sesuai dengan
target yang diinginkan.
3. PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dapat melakukan pemanfaatan dan pengalokasian
modal dengan tepat yang digunakan untuk pengembangan teknologi seoptimal
mungkin.
4. PT.
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dapat lebih bijak dalam pemilihan bahan baku
dan bahan pembantu agar tetap menjaga kualitas produk, sehingga tidak banyak mengandung
bahan kimia yang dapat merugikan para penikmat produk Indofood
Referensi
nurseptiyani2.blogspot.com/2014/04/
tryakhuntry.blogspot.co.id/2016/06/manajemen-strategi-pada-pt-indofood.html
https://plus.google.com/110326656993909549057/posts/BtovuSqTsuq
David, F. R. 2006. Manajemen Strategis, Konsep.
Edisi 10 (terjemahan). Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Iswono Andi. 2010. “Pemilihan Strategi”.
http://www.slideshare.net/andiazka/man-strat-bisnis-2.
Komentar
Posting Komentar