Strategi dalam memasuki pasar internasional
A. Pendahuluan
Perkembangan kondisi ekonomi yang ada saat ini menuntut kita
untuk selalu “update” terhadap perubahan lingkungan yang terjadi, baik
lingkungan internal juga lingkungan ekternal perusahaan. Lingkungan ekternal
terdiri dari lingkungan ekonomi, hukum, sosial dan budaya dan lain sebaginya.
Keberadaan lingkungan ekternal bagi suatu perusahaan tidak dapat diabaikan
begitu saja, dikarenakan “kesadaran” pemasar untuk mengetahui perkembangan
kondisi lingkungan ekternal akan ikut serta dalam mempengaruhi program
pemasaran yang tepat. Jika berbicara mengenai strategik maka kondisi ekternal
nantinya akan mempengaruhi strategi yang akan dipergunakan oleh perusahaan.
Kondisi persaingan saat ini menyebabkan perusahaan harus
ikut serta sebagai pelaku dalam perdagangan internasional jika ingin bertahan
dan mendapatkan profit yang lebih. Keadaan ini kemudian harus direspon cepat
dengan berbagai cara atau strategi dari perusahaan yang ada di tanah air yang
pasarnya sudah jenuh dengan pasar nasional saat ini.
B. Teori
-Pasar Global
Adalah kinerja kegiatan bisnis dalam merencanakan,
menetapkan harga, promosi dan penyaluran barang atau jasa kepada konsumen ke
lebih satu negara untuk memperoleh keuntungan. Pemasaran internasional sebagai
salah satu disiplin ilmu pemasaran (1) : Proses memusatkan sumber daya dan
sasaran hasil dari suatu organisasi pada peluang lingkungan dan kebutuhan.
Pemasaran (2) : Kumpulan dari konsep, alat teori, kebiasaan, prosedur dan
pengalaman. Walaupun pemasaran adalah sebuah disiplin ilmu yang bersifat
universal, pelaksanaan bervariasi dari negara ke negara.
Pemasaran global
adalah proses memfokuskan sumber daya (manusia, uang dan asset fisik) dan
tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menghadapi
ancaman pasar global.
Dimensi-dimensi utama dalam pemasaran global adalah :
1. Lingkungan
pemasaran global
2. Segmentasi
pasar global
3. Pemasaran
dengan sasaran global
4. Merumuskan strategi dan rencana pemasaran
global
5. Bauran
pemasaran global
6. Mengelola
dan memimpin usaha pemasaran global
Salah satu dari hal yang menonjol dari pemasaran adalah
“global marketing”. Menjual produk ke luar negeri membutuhkan perspektif yang
jauh berbeda dari pada yang digunakan untuk bisnis yang dipasarkan untuk pasar
domestik.
Berikut ini
adalah beberapa kunci penting dan trend yang harus dipertimbangkan sewaktu
melakukan global marketing.
Orientasi Manajemen
pemasaran meliputi :
- Pendekatan Ethnocentric, karakter perusahaan lokal dan
internasional , peluang di luar pasar lokal yang berkembang di berbagai
unsur-unsur bauran pemasaran.
- Pendekatan Polycentric, karakteristik perusahaan
multinasional, bauran pemasaran diadopsi manajer-,anajer di suatu negara.
- Orientasi Regiocentric atau Geocentric, ciri-ciri dari
perusahaan global dan transnasional, peluang pemasran dikejar oleh kedua-duanya
strategi yaitu adaptasi dan perluasan di pasar global.
- Ekspor
Ekspor adalah penjualan barang ke luar negeri dengan
menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya
yang telah disetujui oleh pihak eksportir dan importir. Proses ekspor pada
umumnya adalah tindakan untuk mengeluarkan barang atau komoditas dari dalam
negeri untuk memasukannya ke negara lain. Ekspor barang secara besar umumnya
membutuhkan campur tangan dari bea cukai di negara pengirim maupun penerima.
Ekspor adalah bagian penting dari perdagangan internasional. Penjualan barang
oleh eksportir keluar negeri dikenai berbagai ketentuan dan pembatasan serta
syarat-syarat khusus pada jenis komoditas tertentu termasuk cara penangan dan
pengamanannya. Setiap negara memiliki peraturan dan ketentuan perdagangan yang
berbeda-beda. Khusus ekspor komoditas pertanian dan perikanan di indonesia
sebagaian besar tidak memiliki ketentuan dan syarat yang terlalu rumit bahkan
pemerintah saat ini mempermudah setiap perusahaan untuk mengekspor hasil
pertanian dan perikanannya ke luar negeri.
Namun tak jarang dijumpai pula perusahaan yang secara
agresif melakukan ekspor sebagai strategi masuk awalan untuk kemudian
dikembangkan menjadi operasi bisnis berbasis di luar negeri. Dalam berbagai
kasus di mana terdapat skala ekonomis substansial atau hanya ada sedikit
pembeli di seluruh dunia (misalnya , pasar pesawat luar angkasa), maka produksi
lebih baik dikonsentrasikan di satu atau hanya beberapa lokasi untuk kemudian
diekspor ke pasar lainnya. Contohnya, Boeing mengkonsentrasikan produksinya di
pusat di Seattle, Washington.
- Lisensi
Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini
termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik
barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau
jasa yang dilisensikan.
Lisensi ialah satu jenis lisensi adalah lisensi atas hak
intelektual, misalnya perangkat lunak komputer. Pemilik lisensi memberikan hak
kepada pengguna untuk memakai dan menyalin sebuah perangkat lunak yang memiliki
hak paten kedalam sebuah lisensi.
Lisensi atas hak intelektual biasanya memiliki beberapa
pasal/bagian didalamnya, antara lain syarat dan ketentuan (term and condition),
wilayah (territory), pembaruan (renewal) dan syarat-syarat lain yang ditentukan
oleh pemilik lisensi.
- Perusahaan patungan
Perusahaan patungan
adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk
menjalankan aktivitas ekonomi bersama. Pihak-pihak itu setuju untuk berkelompok
dengan menyumbang keadilan kepemilikan, dan kemudian saham dalam penerimaan,
biaya, dan kontrol perusahaan. Perusahaan ini hanya dapat untuk proyek khusus
saja, atau hubungan bisnis yang berkelanjutan seperti perusahaan patungan Sony
Ericsson. Ini terbalik dengan persekutuan strategi, yang tak melibatkan taruhan
keadilan oleh pesertanya, dan susunannya kurang begitu sulit.
Frase ini umumnya merujuk pada tujuan kelompok dan bukan
jenis kelompok. Kemudian, perusahaan patungan bisa berupa badan hukum,
kemitraan, LLC, atau struktur resmi lainnya, bergantung pada jumlah pertimbangan
seperti pertanggungjawaban pajak dan kerugian.
- Strategi Memperluas Pangsa Pasar
Memperluas pangsa pasar bisa dikatakan memperbesar bisnis
Anda. Hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, maka tentu permintaan
akan meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga harus meningkat,
termasuk juga tenaga produksi akan meningkat.
Disinilah terkadang pengusaha mengambil langkah singkat
dengan kredit mikro. Namun, tentu, pilihan ada ditangan Anda namun yang terbaik
adalah mencoba dengan kemampuan Anda sendiri termasuk dengan modal.
- Penentuan Posisi Pasar
Pengertian posisi pasar adalah suatu kegiatan untuk
menentukan posisi produk tersebut pada benak konsumen. Di dalam istilah
marketing, posisi pasar ini juga sering disebut dengan istilah positioning.
Dengan kata lain, bahwa posisi pasar (positioning) adalah
tindakan merancang produk dan bauran pemasarannya agar tercipta kesan tertentu
pada ingatan atau benak konsumen. Hal ini juga berarti bahwa untuk menggerakkan
produk menuju posisi tertentu pada benak konsumen, maka diperlukan alat
positioning merk dan advertising.
C. Analisis
Perkembangan kondisi ekonomi yang ada saat ini menuntut kita
untuk selalu “update” terhadap perubahan lingkungan yang terjadi, baik
lingkungan internal juga lingkungan ekternal perusahaan. Lingkungan ekternal
terdiri dari lingkungan ekonomi, hukum, sosial dan budaya dan lain sebaginya.
Keberadaan lingkungan ekternal bagi suatu perusahaan tidak dapat diabaikan
begitu saja, dikarenakan “kesadaran” pemasar untuk mengetahui perkembangan
kondisi lingkungan ekternal akan ikut serta dalam mempengaruhi program
pemasaran yang tepat. Jika berbicara mengenai strategik maka kondisi ekternal
nantinya akan mempengaruhi strategi yang akan dipergunakan oleh perusahaan.
Kondisi persaingan saat ini menyebabkan perusahaan harus
ikut serta sebagai pelaku dalam perdagangan internasional jika ingin bertahan
dan mendapatkan profit yang lebih. Keadaan ini kemudian harus direspon cepat
dengan berbagai cara atau strategi dari perusahaan yang ada di tanah air yang
pasarnya sudah jenuh dengan pasar nasional saat ini. Beberapa strategi yang
dapat dipergunakan untuk memasuki pasar internasional adalah pasar global,
ekspor, lisensi, usaha patungan, strategi perluasan pasar, dan penentuan posisi
pasar.
Dari berbagai strategi yang tersebut diurutkan berdasarkan
komitmen, kontrol, resiko dan potensi profit yang diperoleh oleh perusahaan
jika menggunakan strategi tersebut. semakin besar profit yang diperoleh maka
akan semakin besar pula resiko yang kemungkinan akan ditanggung oleh
perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting dilakukan pemilihan strategi yang
tepat agar memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari kegiatan perdagangan
internasional.
Referensi
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/teori-ekspor-menurut-para-ahli
http://globallinksosbud.blogspot.com/p/teori.html
https://dosen.perbanas.id/memasuki-pasar-internasional
Komentar
Posting Komentar